Sunday, January 19, 2014

Ekosistem


Ekosistem
 adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.
Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada.

Komponen-komponen pembentuk ekosistem adalah:
v Abiotik
Abiotik atau komponen tak hidup adalah komponen fisik dan kimia yang merupakan medium atau substrat tempat berlangsungnya kehidupan, atau lingkungan tempat hidup. Sebagian besar komponen abiotik bervariasi dalam ruang dan waktunya.
v Biotik
Biotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang hidup (organisme). Komponen biotik adalah suatu komponen yang menyusun suatu ekosistem selain komponen abiotik (tidak bernyawa).

Bedasarkan hasil penelitian yang dikumpulkan, didapatkan komponen-komponen penyusun ekosistem dalam satu area.

No
Ulangan
Komponen Ekosistem
Biotik
Abiotik
1
Kuadran 1
1. Semut
2. Rumput
3. Lumut
4. Cacing
5. Tumbuhan Bunga
1. Plastik
2. Batu
3. Tanah
4. Cahaya
5. Debu
6. Udara
7. Suhu
2
Kuadran 2
1. Ikan
2. Lumut
3. Kecebong
4. Tumbuhan Paku
5. Kodok
1. Plastik
2. Batu
3. Daun Kering
4. Cahaya
5. Udara
6. Suhu
7. Air
3
Kuadran 3
1. Tumbuhan Bunga
2. Semut
3. Cacing
1. Plastik
2. Batu
3. Daun Kering
4. Debu
5. Cahaya
6. Besi
7. Suhu

Peranan masing-masing komponen dalam ekosistem tersebut adalah :
1.     Biotik
·        Semut merupakan detrivitor yang merupakan konsumen dan menguraikan makanannya menjadi yang lebih kecil yang bisa dijakinan sumber hara oleh tumbuhan tempat semut berada
·         Cacing berperan penting dalam mempercepat proses pelapukan bahan organik sisa, sebagian besar bahan tanah mineral yang dicerna cacing tanah dikembalikan ke dalam tanah dalam bentuk nutrisi yang mudah dimanfaatkan oleh tanaman.
·        Ikan sebagai konsumen, memakan alga atau hewan kecil yang hidup di air untuk mempertahankan jenisnya.
·        Kodok sebagai pemangsa maupun yang dimangsa, memangsa serangga serangga kecil disekitarnya
·        Tumbuhan Bunga berperan sebagai tempat berlangsungnya perkembangbiakan. Peristiwa penyerbukan, yaitu jatuhnya serbuk sari ke atas kepala putik merupakan awal terjadinya perkembangbiakan pada tumbuhan.
·        Lumut hidup di tempat yang lembab, lumut merupakan bioindikator terhadap pencemaran lingkungan. Namun, lumut juga merupakan habitat penting bagi organism lain, terutama populasi  hewan invertebrate.
·        Tumbuhan Paku merupakan tanaman ornament taman yang memiliki nilai keindahan dan mampu memfiksasi atau menambat N2 didalam tanah, akibatnya tanah menjadi subur.
·        Rumput merupakan produsen dalam ekosistem memiliki kemampuan mengubah energi cahaya ( khususnya matahari ) maupun energi yang lain ( hasil reaksi kimia ) menjadi energi kimia yang disimpan dalam bentuk yang kita kenal dengan makanan melalui proses sintesis baik fotosintesis maupun kemosintesis.

2.     Abiotik
·        Udara diperlukan oleh segala jenis makhluk hidup untuk bernafas
·        Cahaya diperlukan oleh segala jenis makhluk hidup, khususnya bagi tumbuhan yang di gunakan sebagai salah satu bahan untuk berfotosintesis.
·        Batu memiliki peran sentral dalam rantai makanan, yaitu sebagai media, dan karena itu fungsinya menjadi sangat penting.
·        Debu merupakan nama umum dari sejumlah partikel padat yang berukuran kecil dengan diameter kurang dari 500 mikrometer.
·        Tanah merupakan tempat tumbuh subur dari tumbuhan dan binatang yang memegang peranan penting dalam tanah
·        Suhu diperlukan makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. Hal ini di sebabkan karena reaksi kimia dalam tubuh organisme dipengaruhi oleh kualitas suhu lingkungan.
·        Daun Kering sebagai pupuk kompos alami bagi tanah.
·        Besi merupakan salah satu bukti bahwa lingkungan sudah tercemar.
·        Plastic merupakan salah satu bukti bahwa lingkungan sudah tercemar.
·        Air merupakah sumber kehidupan dan juga habitat ekosistem hewan air.




Interaksi yang terjadi di dalam ekosistem ini adalah


Penjelasan :
            Suhu, Cahaya, dan Udara dimanfaatkan oleh segala makhluk hidup di dalam ekosistem untuk hidup, terutama pada tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, dan hewan untuk menjaga suhu tubuh dan bernafas. Rumput atau Daun yang kering akan di cerna oleh cacing yang berperan penting dalam mempercepat proses pelapukan dan menambah unsure hara dalam tanah, semut akan memakan dan menguraikan makanannya menjadi yang lebih kecil yang bisa dijakinan sumber hara oleh tumbuhan tempat semut berada, kecebong memakan alga yang terdapat dalam air. Lalu kodok memakan cacing untuk hidup dan ikan dapat juga memakan kodok kecil dan kecebong dan juga mekanan algae yang hidup di air. Ada juga sampah yang terdapat di dalam ekosistem air dan tanah seperti sampah plastic dan logam, itu membuktikan bahwa kita tidak menjaga kelestarian alam.

Sifat interaksi yang terjadi antara komponen ekosistem adalah :

1.       Simbiosis Mutualisme, hubungan yang saling menguntungkan karena semut, cacing, kecebong, dan ikan akan memanfaatkan tumbuhan sebagai sumber makanannya dan habitatnya, hasil dari kotoran hewan tersebut menghasilkan zat hara yang baik bagi tumbuhan itu sendiri.
2.       Simbiosis parasitisme, hubungan yang satu diuntungkan dan yang satu dirugikan seperti ikan memakan kodok , kecebong dan cacing untuk hidup , yang menyebabkan populasi kodok, kecebong dan cacing berkurang. Kodok juga memakan cacing untuk hidup yang menyebabkan populasi cacing berkurang.

Yang akan terjadi apabila salah satu ekosistem mengalami gangguan atau musnah
            Yang kan terjadi adalah rusaknya rantai makanan, contohnya apabila tumbuh-tumbuhan hilang dari suatu ekosistem, maka berdampak bagi populasi lain seperti semut dan cacing, karena dari tumbuhan mereka hidup dan makan, akibatnya semut dan cacing mengalami gangguan dan menyebabkan di ekosistem tersebut populasinya akan berkurang, berdampak pada kodok yang memanfaatkan cacing sebagai salah satu makananya, akibatnya mengalami gangguan dan populasi kodok menjadi berkurang  yang menyebabkan ikan tidak mempunyai pasokan makanan yang dihasilkan oleh kodok dan kecebongekosistem


No comments:

Post a Comment

KEWIRAUSAHAAN

Wirausahawan adalah seseorang yang melakukan kegiatan usaha dengan mengambil risiko dan ketidakpastian demi mencapai keuntungan dan per...